15 September 2005

Semua untuk pendidikan

Setelah baca semua kisah remaja yang punya prestasi hebat, aku jadi buru-buru nyari artikel yang dulu sempat disimpan di komputer. Aku yakin artikel ini mesti sedikit sekali pesannya, ada yang lebih bersuara untuk dibaca kembali.

Berikut petikannya :

Pendidikan adalah kunci, kata Cak Nur (Nurcholish Madjid-pen). Bila perlu orang tua menjadi miskin agar anak mendapat pendidikan yang terbaik. Poin penting dari pernyataan Cak Nur ini bukanlah pendidikan yang baik harus mahal. Tetapi bahwa orang tua harus memperhatikan dan terlibat langsung dengan pendidikan anak-anak mereka. Janganlah benih baik yang sudah diberikan sekolah atau orang tua kemudian tergerus oleh lingkungan dan jaman.

Nyatanya,setelah membaca ini, ada banyak hal di sekitar tempat tinggalku yang memiliki pemikiran yang begitu berbeda mengenai pendidikan anak.Dimulai dari hal kecil misalnya masa bermain anak yang mesti dikorbankan dengan kepentingan pengasuhnya (abis repot banget sih ngurus anak biar diem, katanya).Padahal anak-anak terlebih di usia balita memiliki masa yang sangat rentan dengan pendidikan nanti dikemudian hari.Masih ingat dengan sebutan Golden Age, dimana usia antara 1 hingga 3 tahun adalah masa yang sangat penting untuk menstimulus otak si anak.Hampir 60% masa-masa pertumbuhan otak terbaik ada di jenjang usia ini.

Untuk itu, tak ada alasan misalnya mengorbankan waktu yang sangat singkat dalam perjalan hidup anak ini untuk hal yang bisa merugikan perkembangannya nanti.Berjuanglah demi masa depan anak kita.

PPL IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jika ditanya apa yang kau suka dari kehadiran mereka? Mereka punya jawabannya : semangat yang tinggi dengan keingintahuan yang tipikal mahas...