05 September 2005

anggrek hitam

Ada yang sekali lagi menyentuh hati saat nonton TV sore ini. Tadinya pandangan masih belum bisa beralih menyaksikan acara TV yang dari siang memutar kegiatan evakuasi pesawat Boeing milik penerbangan udara Mandala yang jatuh di Medan sesaat setelah lepas landas. Hasilnya, pemandangan yang memilukan.Yang paling membekas di pikiran adalah sesosok mayat yang hangus terbakar.Belum lagi posisi badannya yang agak membungkuk, mungkin penumpang yang belum sempat berlindung dari tempat duduknya. Sesaat saluran TV diubah ke channel lain saat tayangan iklan muncul.Lalu pandangan berubah kesalahsatu tayangan di TV yang menayangkan kegiatan riyyani djangkaru dalam jejak petualang di Kutai, Kalimantan Timur.Saat sedang melakukan perjalannya, dia menemukan tanaman anggrek hitam yang sedang berbunga. Pemandangan yang menurutnya biasa ditemui di awal tahun.

Dan satu lagi yang mengagumkan, hanya ada 2 tempat di dunia yang memiliki spesies ini.Yakni di Ghuangzhou, China dan Kutai,Indonesia.Entah knapa ya, begitu denger pernyataan ini, ada perasaan bersyukur dan bangga yang menjalar ke dalam hatiku.Tentu kita patut bersyukur di tanah air kita masih ada spesies yang sangat unik dan langka.Aku jadi kepikiran,mungkin masih banyak spesies lain yang unik dan belum teridentifikasi mengingat luasnya hutan yang ada di kalimantan.

Tapi....jadi inget ama laporan Walhi yang menyebutkan setiap menit hutan seluas 2 kali lapangan bola di indonesia musnah. Termasuk yang paling cepat kerusakannya bersama Brasil. Bisa jadi banyak tanaman yang semestinya kita banggakan musnah sia2 hanya karena keinginan sepihak dari pengelola HPH.

Makanya kitya mesti dukung langkah walhi yang akan memperkarakan beberapa HPH di riau.Agar anak cucu (eit...basi ya) masih bisa menyaksikan dan mencium langsung tanaman yang ada daripada sekedar baca dari ensiklopedi....mahal banget kan :)
Posted by Picasa

PPL IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jika ditanya apa yang kau suka dari kehadiran mereka? Mereka punya jawabannya : semangat yang tinggi dengan keingintahuan yang tipikal mahas...