07 November 2013

Memberi Urutan Nomor pada Dokumen MS Word

Repotnya saat kita ingin penomoran di dokumen tidak dimulai dari angka 1. Misalnya saat kita membuat dokumen dan nyatanya kita benar-benar memiliki halaman 1 pada halaman ketiga atau berikutnya. Jadi di halaman awal kita memiliki 1 lembar halaman untuk Judul, di halaman kedua berisi Daftar Isi, lalu baru halaman ketiga kita mulai halaman isi yang sebenarnya. Dari sini kita ingin memberi penomoran halaman justru di halaman ketiga. Halaman pertama dan kedua kita tidak ingin penomoran di bagian Header atau Footer dimunculkan. Untuk keperluan ini, kita bisa melakukan 'penghapusan' 2 halaman awal agar tidak terbawa menjadi halaman yang wajib kena penghitungan nomor urut. Untuk melakukannya, lakukan langkah berikut :
  1. Klik di halaman kedua (dalam hal ini berarti Daftar Isi). Ini adalah halaman terakhir yang ingin kita 'lepaskan' dari penomoran.
  2. KlikPage Layout > Breaks > Next Page.
    Next page
  3. Klik dua kali di bagian header atau footer dimana kita ingin memunculkan angka pengurutan halaman.Tindakan ini akan memanggil tab Design di bagian Header & Footer Tools.
  4. Klik Link to Previous untuk mematikannya dan melepaskan header atau footer ke bagian halaman berikutnya.
    Link to Previous
    Catatan:  Headers dan footers terpisah penggunaannya, jadi bila kita ingin nomor urut halaman di bagian header, matikan sambungannya di bagian headers. Begitu juga selanjutnya.
  5. Klik Page Number dan pilih lokasi dan juga gaya penomoran.Misalnya, klik Top of Page dan pilih desain yang kita mau.
    Page Number menu
  6. Klik Page Number > Format Page Numbers untuk membuka papan dialog Page Number Format.
  7. Untuk mulai penomoran dari angka 1, klik Start at, dan ketikan 1 (atau, Word akan secara otomatis mengenalakn penomoran pada halaman sesungguhnya).
    Page Number Format dialog box
  8. Klik OK.
  9. Setelah selesai, klik Close Header and Footer atau klik ganda di bagian mana saja pada dokumen di luar bagian area header atau footer.
    Header and Footer Tools
SELESAI!

PPL IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jika ditanya apa yang kau suka dari kehadiran mereka? Mereka punya jawabannya : semangat yang tinggi dengan keingintahuan yang tipikal mahas...