21 March 2012

Edit wp-config.php DI Ubuntu

Mengakali database di wordpress sebenarnya tak seribet kelihatannya. Bila menemui pesan kesalahan berupa connection database error di blog wordpressnya, coba amati file wp-config.php. Mudahnya, bila laman home tak bisa dibuka, coba masuk ke bagian admin. Buka dengan alamat www.namadomain.com/wp-admin.

Setelah login, kesalahan seperti adanya database yang bermasalah bisa diketahui dari pesan yang muncul. Biasanya seperti one of your database blablabla, dan dibawahnya diberikan catatan untuk mengedit laman wp-content.php. Kita bisa melakukannya dengan mengakses filenya, baik melalui control panel (di windows) atau juga dengan putty (SSH) untuk wordpress yang dijalankan di Ubuntu.

Caraya, setelah log in via putty, coba ke direktory wordpress. Tuju ke var/www/ dan cari filenya dengan ketik ls di konsolnya. Setelah menemukan filenya, coba edit, dengan ketikan perintah vi wp-content.php.Untuk menyelipkan kode yang diberikan di laman admin tadi, ketikan "i" untuk mengaktifkan edit file.

Ketikan langsung perintahnya di bagian mana saja di file ini, dan akhiri dengan pencet Esc. Akhiri dengan ketikan “:wq” – (w = saves the file, q = quit)

Lanjutkan dengan merefresh halaman admin, dan bila ada pesan kesalahan di salah satu table databasenya, coba akses ke laman phpMyAdmin dan refresh manual table yang dimaksud. Bila kelar, maka masuk lagi ke konsol dan mengedit file wp-config.php untuk menghapus kode sebaris tadi.

DONE!

PPL IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jika ditanya apa yang kau suka dari kehadiran mereka? Mereka punya jawabannya : semangat yang tinggi dengan keingintahuan yang tipikal mahas...